Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas tentang bagaimana Cara Mengcopy / Menyeleksi / Memblok Artikel yang di Protect. Dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi itu semua. Mungkin itu termasuk salah satu pencurian, karena suatu karya orang lain telah kita gunakan tanpa mencantumkan sumber dan mempostingnya di blog atau website kita. Kalau kita mencantumkan sumber sih tidak masalah. Bagaimana kalau tidak? Otomatis orang yang membuat artikel tersebut tidak terima dan sakit hati karena artikel buatannya telah dicopy tanpa mencantumkan sumber. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips bagaimana menangkal itu semua.
Sebenarnya trik ini cukup gampang, dan tidak memerlukan source code yang panjang dan bertele-tele. Cukup dengan menambahkan source code di bawah ini maka website anda sudah tidak bisa klik kanan, blok text dan fasilitas copy. Bagaimana hebatkan :)

Source Code:
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

Cara menggunakan:
  1. Sebelum anda menggunakan source code di atas, terlebih dahulu anda cari tag <body> di website anda
  2. Setelah itu replace tag <body> dengan tag di atas
  3. Kemudian Save
  4. Dan coba anda buka website anda dan coba untuk klik kanan, blok text dan copy. Pasti sudah tidak bisa :)
Trik ini sudah saya coba pada blog rainzch ini dan website offline saya dan berhasil. Dengan ini website anda aman dari pengcopyan artikel. Semoga bermanfaat