Selamat sore sahabat blogger. Kali ini saya akan membahas tentang Game yang biasa kita jumpai di Sistem Operasi Microsoft Windows. Yaitu Minesweeper.
Siapa yang tidak tahu game ini. Pasti semua orang tahu game ini. Game yang terdiri dari beberapa kotak (sesuai dengan levelnya) dengan beberapa angka rahasia dibaliknya. Apabila di klik maka akan keluar beberapa angka dan kotak kosong. Dan kalau kurang beruntung, bisa-bisa kita menekan bom dan Game Over.
Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, "bagaimana cara memainkan game ini?". Dan tidak jarang juga kesal atau bingung melihat kotak-kotak, angka-angka dan Bomb. Lebih memilih game lain dari pada game Minesweeper ini. Padahal game ini sangatlah mendidik dan melatih otak kita. Karena semua angka-angka tersebut memiliki arti dan sangat logis. Dan untuk menyelesaikan game ini sangatlah mudah. Hanya dibutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menyelesaikannya.
Terdapat 3 Level dalam game ini, yaitu Beginner yang jumlah kotaknya 9 x 9, Intermediate yang jumlah kotaknya 16 x 16, dan Advanced yang jumlah kotaknya 16 x 30. Dan untuk bomb di setiap level juga berbeda. Semakin sulit levelnya semakin banyak bombnya. Untuk Beginner terdapat 10 bomb, Intermediate terdapat 40 bomb, dan Advanced terdapat 99 bomb.
Langsung saja berikut tampilan gamenya:

Gambar di atas merupakan gameplay dari Minesweeper level beginner.
  • Langkah awal untuk memainkannya yaitu klik satu kotak di tengah, terserah kotak mana yang Anda mau.
  • Setelah Anda klik maka akan keluar beberapa angka seperti gambar berikut:
  • Maksud dari angka-angka itu adalah ada bomb di sekitar angka tersebut. Misal angka 1 yang berada tengah kotak kuning itu (gambar di bawah). Angka 1 itu sebagai pusat dan kelilingi 8 kotak di sekitarnya. Maka, disekitar angka 1 itu terdapat 1 buah bomb. Dan kotak yang masih belum terbuka yang disekitar angka 1 (di area kuning) itu adalah kotak paling ujung kiri atas. Dan itu adalah bomb. Oleh karena itu kita tandai kotak itu dengan cara Klik Kanan. Maka akan keluar bendera merah.
  • Selanjutnya kita akan mengerjakan kotak selanjutnya. Kita berpacu pada angka 1 yang paling ujung kanan atas, seperti gambar di bawan ini. Maka maksud angka 1 itu adalah, disekitar angka 1 tersebut terdapat 1 buah bomb. Dan di area kuning itu kotak yang terjangkau adalah kotak paling ujung kiri bawah. Maka kotak itu terdapat bomb. Dan tandai kotak tersebut dengan bendera, supaya tidak lupa
  • Setelah itu kini kita akan menyelesaikan kotak yang lain, yaitu angka 3 yang terdapat pada area kanan. Disini kita coba angka 3 sebagai pusat. Berarti disekitar area 3 terdapat 3 buah kotak yang terdapat bomb. Bisa dilihat digambar di bawah ini. Maka 3 yang sebagai pusat tersebut, tedapat 3 buah kotak bomb yang terjangkau oleh angka 3, yaitu kotak atas kanan ujung, kanan tengah, dan kiri bawah ujung. Maka kita tandai kotak itu.
  • Begitu seterusnya sampai kotak terakhir dan menemukan semua bombnya. Berikut gambar setelah menyelesaikan dan menemukan semua bombnya.
 Game ini sangatlah mudah, akan tetapi dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam menyelesaikannya. Untuk Beginner dan Intermediate saya sudah menang beberapa kali, akan tetapi yang Advanced baru menang 1 kali :D. Oh iya, terkadang terdapat beberapa kondisi dimana dibutuhkan keberuntungan dalam menebak kotak, karena area angka tertutup oleh bomb. Untuk lebih jelasnya bagaimana kondisi itu, langsung saja coba game itu.

Sekian dulu untuk tutorial memainkan game minesweeper. Apabila terdapat pertanyaan silahkan berikan komentar dibawah :) Terima kasih